Saturday 8 June 2013

Hubungan Pengetahuan, Motivasi dan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Berkunjung Lansia Ke Posyandu Pelangi Wilayah Kerja Puskesmas Muaro Kumpeh Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi



ABSTRAK
Hubungan Pengetahuan, Motivasi dan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Berkunjung Lansia Ke Posyandu Pelangi Wilayah Kerja Puskesmas Muaro Kumpeh Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2011.
Mahmud Al-Qosari. Dibawah bimbingan
                        Ir. Zafrullah Zain, M.S *) dan Ns. Yennita, S.Kep **)                    
Peningkatan jumlah lansia berdampak pada meningkatnya pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada lansia, salah satunya yaitu posyandu lansia. Peningkatan jumlah pelayanan kesehatan tersebut tidak diimbangi minat atau perilaku berkunjung lansia untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan tersebut. Fokus penelitian ini adalah beberapa faktor yang berhubungan atau mempengaruhi perilaku berkunjung ke posyandu lansia, yang terdiri dari faktor predisposisi dan pendorong. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi adalah yang berusia 45 tahun atau lebih. Sampel dilakukan secara total sampling berjumlah 44 responden dan pengumpulan data dengan wawancara untuk mengetahui gambaran pengetahuan, motivasi dan dukungan keluarga lansia yang berkunjung di Posyandu Pelangi dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, motivasi dan dukungan keluarga dengan perilaku berkunjung lansia di Posyandu Pelangi.
Hasil penelitian didapatkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan motivasi berkunjung ke posyandu lansia dengan p value 0,002, ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan motivasi berkunjung ke posyandu lansia dengan p value 0,008, dan ada hubungan yang signifikan antara peran petugas dengan motivasi berkunjung ke posyandu lansia di Desa Muaro Kumpeh Tahun 2011 dengan p value 0,005.
Dengan lansia mengetahui pengertian dan manfaat diadakannya posyandu lansia, ditambah dengan motivasi dan dukungan keluarga dapat meningkatkan perilaku berkunjung lansia. Lansia juga mengalami hambatan dalam memanfaatkan posyandu lansia, yaitu lansia sering kelupaan karena faktor usia, ada kepentingan lain sehingga lansia tidak bisa ikut serta, dan tidak adanya sarana transportasi bagi lansia. Bagi keluarga seharusnya selalu mengingatkan jadwal posyandu lansia dan bagi petugas, penyuluhan tentang posyandu lansia juga sangat penting untuk menambah pengetahuan sehingga menambah motivasi, selain itu perlu juga kegiatan selain kegiatan yang sudah ada untuk menambah kualitas pelaksanaan posyandu lansia.           
Kata Kunci   :     Pengetahuan, dukungan keluarga, peran petugas kesehatan dan motivasi

*)                  : Pembimbing I
**)       : Pembimbing II
bagi yang ingin download bab 1-1V silahkan download disini

No comments:

Post a Comment