Saturday 8 June 2013

HUBUNGAN PENGETAHUANM, MOTIVASI DAN SUPSERVISI PERAWAT DENGAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD HAJI ABDOEL MADJID BATOE MUARA BULIAN TAHUN 2013



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim
Program Studi Ilmu Keperawatan
Tahun 2013

ABSTRAKS
HUBUNGAN PENGETAHUAUN, MOTIVASI DAN SUPERVISI PERAWAT DENGAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD
HAJI ABDOEL MADJID BATOE MUARA BULIAN TAHUN 2013
WULANDARI, dibawah bimbingan
Muthia Muthmainnah, S.Kp, M.Kep, Sp.Mat*) dan Ns. Fithriyani, S.Kep**)
Mutu pelayanan kesehatan sangat dipengaruhi oleh kualitas proses pemberian layanan kesehatan, secara fisik, jenis tenaga yang tersedia, obat, alat kesehatan, sarana penunjang lainnya dan kompensasi yang diterima serta harapan masyarakat pengguna layanan. salah satu indikator tersebut dari kualitas pelayanan kesehatan suatu rumah sakit adalah kualitas keperawatan. Pelayanan kesehatan rumah sakit tidak lepas dari pelayanan keperawatan yang mempunyai peran dalam meningkatkan derajat kesehatan pasien. Dokumentsi keperawatan merupakan indikator mutu asuhan keperawatan.
Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Haji Abdoel Madjid Batoe Muara Bulian yang dilakukan pada 05-18 Maret 2013 denngan responden sebanyak 43 Perawat. Menggunakan desain cross sectional dengan sampel dipilih menggunakan tehnik proposional sampling.pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dianalisa dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan uji chi-square. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Motivasi dan Supervisi Perawat dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian 18 (45,0%) responden tidak melengkapi pendokumentasian asuhan keprawtan, 25 (58,1%) responden memiliki pengetahuan yang rendah, 22 (51,2%) responden memiliki motivasi rendah dan 25 (58,1%) responden dengan supervisi kurang baik. Hasil uji bivariat menunjukan ada hubungan antara pengetahuan dengan pendokumentasian Askep dengan p-value = 0,011, ada hubungan yang bermakna antara motivasi dengan pendokumentasian Askep dengan p-value = 0,008, ada hubungan yang bermakna antara supervisi dengan pendokumentasian askep dengan p-value = 0,002.
Diperlukan usaha untuk meningkatkan pengetahuan perawat mengenai dokumentasi asuhan keperawatan dalam melakukan supervisi dengan cara antara lain ; memberikan pendidikan, pelatihan maupun seminar yang berkaitan dengan dokumentasi asuhan keperawatan, rekam medis atau hukum kesehatan,  memberikan pelatihan manajemen dan kepemimpinan kepada perawat.

Kata Kunci                  : Dokumentasi asuhan keperawatan, pengetahuan, motivasi, supervisi
Daftar Pustaka                        : 55 bacaan (2002-2012)

*)    Pembimbing I
**) Pembimbing II

No comments:

Post a Comment